Fasilitas
E-Banking atau electronic banking yang diberikan oleh Bank BRI untuk para nasabahnya
berupa 3 macam, yaitu :
·
SMS Banking
·
Phone Banking
·
Internet Banking
1.
SMS
Banking
SMS
Banking dari Bank BRI adalah sebuah fasilitas layanan perbankan yang dapat
dilakukan para nasabah BRI cukup melalui mobile gadget yang mereka gunakan. Sementara
itu, layanan perbankan melalui SMS Banking BRI dapat digunakan dengan 2 model
interface, yaitu interface yang berbasis Menu dan Plain text.
Layanan
E-Banking Bank BRI yang berbasis menu memberikan para nasabah BRI layanan SMS
Banking dengan menggunakan menu sebagai perintah transaksinya. Dan interface
dengan plain text adalah layanan SMS Banking yang digunakan dengan cara
menuliskan perintah transaksi dan mengirimkannya pada nomor yang telah
ditentukan oleh Bank BRI.
·
Fasilitas SMS Banking
a. msINFO
b. smsTRANSFER
c. smsPREPAID
d. smsPAYMENT
e. smsPURCHASE
2.
Phone Banking
Layanan Phone Banking Bank BRI adalah layanan perbankan yang
dapat digunakan oleh para nasabah Bank BRI menggunakan sarana telephone dan
handphone yang mereka gunakan. Layanan ini dapat diakses para nasabah Bank BRI
dengan menghubungi nomor telephone yang telah ditentukan oleh Bank BRI.
Untuk interface atau layanan antar
muka yang diberikan terbilang cukup mudah atau user friendly. Yaitu dengan memasukan kode singkat untuk memilih
fitur pada Phone Banking Bank BRI.
·
Fasilitas
Phone Banking
1. Fitur
Informasi Produk/Jasa (Information Inquiry)
- Informasi Produk/Jasa
- Informasi Produk/Jasa BRI mencakup semua jenis produk (dana, jasa, pinjaman) BRI.
- Informasi Suku Bunga, Kurs dan Biaya Jasa
- Informasi lokasi unit kerja BRI (Kanca/KCP/KK/Unit/Payment Point/ATM)
2. Fitur
Transaksi Keuangan
a.
Informasi
Saldo
b.
Informasi
Mutasi Transaksi, 5 transaksi terakhir (maksimum dalam waktu 2 bulan terakhir)
c.
Informasi
Tagihan (PLN, Telkom dan Flexi)
d.
Transfer/Overbooking
(antar rekening di BRI)
e.
Pembayaran
Tagihan (bill payment)
i.
Kartu
Kredit BRI
ii.
Telepon
(Telkom), Kartu Halo dan Matrix
iii.
Citibank
(kartu kredit, personal loan dan ready cash)
iv.
Standared
Chartered Bank (Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan)
v.
ANZ
(Kartu kredit)
vi.
HSBC
(Kartu kredit dan personal loan)
f.
Pembelian
Pulsa (Simpati, Mentari, IM3 dan XL, SMART, AXIS, 3)
g.
Cetak
Salinan Rekening Koran
h.
Pencetakan
salinan rekening koran (R/C) satu bulan terakhir dengan maksimum 50 transaksi
terakhir. Pengiriman salinan R/C dapat melalui media facsimile sesuai
permintaan anda.
i.
Blokir
Kartu (ATM / Kartu Kredit) karena hilang/rusak.
3.
Internet Banking
Internet Banking Bank BRI adalah sebuah layanan perbankan
dari Bank BRI yang memberikan kemudahan akses dari dan dimana saja. Cukup menggunakan
perangkat yang terhubung dengan internet, para nasabah sudah bisa mendapatkan
layanan perbankan tanpa harus datang langsung ke gerai Bank BRI.
Untuk interface yang ditawarkan oleh Bank BRI terbilang
cukup user friendly. Pengguna tidak harus mempelajari atau membaca panduan
untuk mengerti cara menggunakan fasilitas ini. Menu-menu dasar dapat langsung
digunakan untuk mendapatkan layanan Internet Banking ini.
·
Fasilitas
Internet Banking
1. Informasi Rekening
a. Informasi Saldo
b. Mutasi Rekening
2. Transfer Dana
2.1 Transfer
a. Transfer Antar Rek BRI
b. Transfer ke Bank lain.
2.2 Transaksi Terjadwal
a. Tambah Transfer
b. Lihat Status
2.3 Daftar Transfer
3. Pembayaran dan Pembelian
3.1
Pembayaran
Tagihan
a.
KK
Bank BRI
b. KK Bank Lain : Citibank, RBS, ANZ,
SCB, HSBC
c. Telepon/Selular : Telkom, Kartu
Halo, Flexi, Matrix
d. Listrik
e. KTA Bank Lain : Citibank, RBS, SCB,
HSBC
f. Internet : Speedy, Flash
g. Pembayaran Multifinance :FIF, BAF,
Financia, OTO, Verena, WOM
3.2
Pembayaran
terpadu (pembayaran untuk beberapa transaksi sekaligus dalam satu kali
eksekusi)
3.3
Pembelian
a. Isi Ulang Pulsa: IM3, Mentari,
Simpati, Kartu As, XL, SMART, AXIS, 3
b. Deposit e-Money
3.4
Transaksi
terjadwal
a. Tambah Pembayaran Tagihan
b. Lihat Status
c. Daftar Pembayaran
4. Daftar Pembayaran Pelayanan Nasabah
4.1 Pesan
a.
Pesan
Masuk
b.
Pesan
yang telah terkirim
c.
Buat
Pesan Baru
4.2 Administrasi
a.
Ubah
Password
b.
Ubah
Alamat email
c.
Catatan
aktivitas
4.3
Daftar
rekening tujuan
a.
Transfer
dana
b.
Pembayaran
tagihan
5. mTOKEN : Permintaan mTOKEN
0 comments:
Post a Comment