Ilham Dian Fitrianto: Analisa Interface E-Banking Bank BRI

SEMUA YANG MENAKJUBKAN BERASAL DARI "KREATIF"


Monday, April 29, 2013

Analisa Interface E-Banking Bank BRI


Fasilitas E-Banking atau electronic banking yang diberikan oleh Bank BRI untuk para nasabahnya berupa 3 macam, yaitu :
·         SMS Banking
·         Phone Banking
·         Internet Banking


1.      SMS Banking
SMS Banking dari Bank BRI adalah sebuah fasilitas layanan perbankan yang dapat dilakukan para nasabah BRI cukup melalui mobile gadget yang mereka gunakan. Sementara itu, layanan perbankan melalui SMS Banking BRI dapat digunakan dengan 2 model interface, yaitu interface yang berbasis Menu dan Plain text.
Layanan E-Banking Bank BRI yang berbasis menu memberikan para nasabah BRI layanan SMS Banking dengan menggunakan menu sebagai perintah transaksinya. Dan interface dengan plain text adalah layanan SMS Banking yang digunakan dengan cara menuliskan perintah transaksi dan mengirimkannya pada nomor yang telah ditentukan oleh Bank BRI.
·         Fasilitas SMS Banking
a.       msINFO
b.      smsTRANSFER
c.       smsPREPAID
d.      smsPAYMENT
e.       smsPURCHASE

2.      Phone Banking
Layanan Phone Banking Bank BRI adalah layanan perbankan yang dapat digunakan oleh para nasabah Bank BRI menggunakan sarana telephone dan handphone yang mereka gunakan. Layanan ini dapat diakses para nasabah Bank BRI dengan menghubungi nomor telephone yang telah ditentukan oleh Bank BRI.
Untuk interface atau layanan antar muka yang diberikan terbilang cukup mudah atau user friendly. Yaitu dengan memasukan kode singkat untuk memilih fitur pada Phone Banking Bank BRI.
·         Fasilitas Phone Banking
1.      Fitur Informasi Produk/Jasa (Information Inquiry)
    • Informasi Produk/Jasa
    • Informasi Produk/Jasa BRI mencakup semua jenis produk (dana, jasa, pinjaman) BRI.
    • Informasi Suku Bunga, Kurs dan Biaya Jasa
    • Informasi lokasi unit kerja BRI (Kanca/KCP/KK/Unit/Payment Point/ATM)
2.      Fitur Transaksi Keuangan
a.       Informasi Saldo
b.      Informasi Mutasi Transaksi, 5 transaksi terakhir (maksimum dalam waktu 2 bulan terakhir)
c.       Informasi Tagihan (PLN, Telkom dan Flexi)
d.      Transfer/Overbooking (antar rekening di BRI)
e.       Pembayaran Tagihan (bill payment)
                                                                          i.      Kartu Kredit BRI
                                                                        ii.      Telepon (Telkom), Kartu Halo dan Matrix
                                                                      iii.      Citibank (kartu kredit, personal loan dan ready cash)
                                                                      iv.      Standared Chartered Bank (Kartu Kredit dan Kredit Tanpa Agunan)
                                                                        v.      ANZ (Kartu kredit)
                                                                      vi.      HSBC (Kartu kredit dan personal loan)
f.       Pembelian Pulsa (Simpati, Mentari, IM3 dan XL, SMART, AXIS, 3)
g.      Cetak Salinan Rekening Koran
h.      Pencetakan salinan rekening koran (R/C) satu bulan terakhir dengan maksimum 50 transaksi terakhir. Pengiriman salinan R/C dapat melalui media facsimile sesuai permintaan anda.
i.        Blokir Kartu (ATM / Kartu Kredit) karena hilang/rusak.

3.             Internet Banking
Internet Banking Bank BRI adalah sebuah layanan perbankan dari Bank BRI yang memberikan kemudahan akses dari dan dimana saja. Cukup menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet, para nasabah sudah bisa mendapatkan layanan perbankan tanpa harus datang langsung ke gerai Bank BRI.
Untuk interface yang ditawarkan oleh Bank BRI terbilang cukup user friendly. Pengguna tidak harus mempelajari atau membaca panduan untuk mengerti cara menggunakan fasilitas ini. Menu-menu dasar dapat langsung digunakan untuk mendapatkan layanan Internet Banking ini.
·         Fasilitas Internet Banking
1.      Informasi Rekening
a.       Informasi Saldo
b.      Mutasi Rekening
2.      Transfer Dana
2.1  Transfer
a.       Transfer Antar Rek BRI
b.      Transfer ke Bank lain.
2.2  Transaksi Terjadwal
a.       Tambah Transfer
b.      Lihat Status
2.3  Daftar Transfer
3.      Pembayaran dan Pembelian
3.1               Pembayaran Tagihan
a.       KK Bank BRI
b.      KK Bank Lain : Citibank, RBS, ANZ, SCB, HSBC
c.       Telepon/Selular : Telkom, Kartu Halo, Flexi, Matrix
d.      Listrik
e.       KTA Bank Lain : Citibank, RBS, SCB, HSBC
f.       Internet : Speedy, Flash
g.      Pembayaran Multifinance :FIF, BAF, Financia, OTO, Verena, WOM
3.2               Pembayaran terpadu (pembayaran untuk beberapa transaksi sekaligus dalam satu kali eksekusi)
3.3               Pembelian
a.       Isi Ulang Pulsa: IM3, Mentari, Simpati, Kartu As, XL, SMART, AXIS, 3
b.      Deposit e-Money
3.4               Transaksi terjadwal
a.       Tambah Pembayaran Tagihan
b.      Lihat Status
c.       Daftar Pembayaran
4.      Daftar Pembayaran Pelayanan Nasabah
4.1  Pesan
                                                                                     a.      Pesan Masuk
                                                                                    b.      Pesan yang telah terkirim
                                                                                     c.      Buat Pesan Baru
4.2  Administrasi
a.         Ubah Password
b.        Ubah Alamat email
c.         Catatan aktivitas
4.3  Daftar rekening tujuan
a.         Transfer dana
b.        Pembayaran tagihan
5.      mTOKEN : Permintaan mTOKEN

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com